Lebih baik Produksi Pakaian Sendiri Atau Produksi Pakaian Di Jasa Konveksi?

Blog.mojait.com - Permintaan busana oleh pasar tentu tidak akan ada habisnya. Saat ingin terjun ke dunia penjualan pakaian tentu terdapat berbagai macam pilihan apakah ingin menjadi reseler dari sebuah brand atau merek pakaian atau ingin memproduksi pakaian sendiri lalu dijual ke pasar.

Pilihan tersebut dapat menjadi dasar pertimbangan berdasarkan beberapa faktor baik dari segi efisiensi maupun dari berbagai segi lainnya.

Produksi Pakaian Sendiri Atau Produksi Pakaian Di Jasa Konveksi - Blog.mojait.com
Produksi pakaian sendiri atau produksi pakaian di jasa konveksi - Blog.mojait.com

Lalu manakah yang lebih baik, membuat produksi pakaian sendiri atau menyerahkan sepenuhnya pengerjaan produksi pakaian pada jasa konveksi?

Produksi Pakaian Sendiri

Jika ingin memproduksi pakaian sendiri harus ada modal yang terbilang cukup besar karena ada beberapa hal yang harus disiapkan. Beberapa hal yang harus ada untuk menjalankan produksi pakaian sendiri di antaranya adalah

1. Tempat produksi

Untuk kegiatan produksi, diperlukan tempat atau space yang cukup baik dengan cara membeli atau menyewa tempat. Dalam menyiapkan tempat tersebut juga perlu dipertimbangkan di mana lokasi yang tepat agar mudah dijangkau oleh konsumen nantinya.

1. Alat produksi

Alat produksi merupakan hal penting untuk produksi pakaian. Makin besar jumlah produksi yang ditargetkan maka diperlukan banyak alat produksi.

3. Karyawan atau pegawai

Untuk menjalankan proses produksi, diperlukan sumber daya manusia yang handal dan berbengalaman. Jika memutuskan untuk memproduksi pakaian sendiri maka perlu persiapan dana untuk membayar biaya gaji karyawan tiap bulannya.

Banyak pelaku usaha pemilik brand fashion yang mencoba untuk memproduksi sendiri produk pakaiannya namun kendala pegawai ini yang membuat para pelaku usaha pakaian akhirnya memutuskan memilih untuk memproduksi produk pakaiannya di penyedia jasa konveksi.

4. Biaya lainnya

Selain tiga hal tersebut di atas, diperlukan juga persiapan dana lainnya seperti listrik yang perlu dibayarkan tiap bulan, biaya lain seperti biaya pengiriman, dan biaya lainnya

Produksi Pakaian Menggunakan Jasa Konveksi

Keuntungan dan keunggulan produksi pakaian di jasa konveksi adalah kebalikan dari poin-poin tersebut di atas yaitu tidak diperlukan modal besar seperti penyediaan tempat, alat produksi, pengadaan pegawai dan budgeting untuk biaya-biaya lainnya.

Menggunakan jasa konveksi dapat menghemat biaya karena tidak diperlukan biaya yang lain selain biaya atau ongkos produksi pengerjaan pakaian saja.

Bagi pengusaha yang baru merintis usaha pakaian atau bagi pelaku usaha yang ingin menekan biaya produksi, menggunakan jasa konveksi pakaian dapat menjadi pertimbangan yang bagus dan dapat menjadi solusi bisnis atau usaha.
Lebih baru Terlama

Related Posts